Saturday, December 10, 2016

Solusi & Cara Jitu Flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Versi MTK)




Okay guys, seperti yang kita ketahui bahwa pada xiaomi redmi note 3 pro memiliki keluaran 2 versi yaitu versi yang dibekali dengan cpu qualcomm dan versi yang dibekali dengan cpu mtk (mediatek). Nah, kali ini saya hanya ingin membahas sedikit bagaimana cara flashing xiaomi redminote 3 pro dengan versi cpu mediatek ini. Khusus untuk xiaomi versi cpu mediatek ini cara flashingnya agak berbeda sedikit. Tidak seperti handphone cpu mediatek jenis lainnya. Khusus yang type ini romnya harus sedikit dibumbui / digarami agar kita bisa sukses flashing jenis type handphone ini. Karena jika anda tidak mengikuti sesuai dengan cara dibawah ini maka saya jamin buat yang anda masih newbie dijamin MUMET . Solusi dibawah ini cocok untuk menangani kasus seperti stuck logo xiaomi. Okay langsung saja kita masuk ke tutorial.


Bahan - Bahan ;

1.Download firmwarenya V7.0.16.0

2.Download Drivernya disini (setelah driver berhasil di install, wajib restart)

3.Download Flashtoolnya disini (flashtoolnya bahasa mandarin, but, anda wajib menggunakan versi ini ya, ga boleh versi lain)

4.Download "Google Installer" disini


Setelah bahan-bahan diatas sudah disiapkan semua, sekarang kita tinggal masuk tahap selanjutnya.


Langkah - Langkah;

1.Silahkan extract firmware yang sudah anda didownload diatas tadi kedalam satu folder ya




2.Copy file scatter hasil extract tadi ke dalam folder "signed_bin" ya (wajib)




3.Setelah dipindahkan, selanjutnya anda bisa lakukan flashing via sp_flashtool yang sudah anda download diatas. Setelah itu pada bagian "download agent" kita masukan file "DA_SWSEC.bin" difolder sp_flashtoolnya.






4.Setelah itu kita masukan file scatter yang sudah dipindahkan ke dalam folder "signed_bin" tadi.

NB : Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan jangan sekali mencoba centang preloader atau  xiaomi anda akan matot.



5.Setelah semua sudah dipersiapkan, sekarang tinggal klik download dan kemudian sambungkan kabel ke pc sambil tekan tombol (VOL DOWN + POWER) bukan (VOL UP + POWER)



6.Tunggu hingga proses flashing hingga selesai dan sekarang harusnya xiaomi sudah normal




NB : Rom yang anda flash ini sebenarnya adalah rom versi china, maka artinya bawaannya rom ini dipastikan belum ada google playstorenya, juga belum ada bahasa indonesianya. Oleh sebab itu anda bisa mencoba install aplikasi  "google installer.apk". khusus untuk xiaomi yang sudah anda download diatas. Rom yang dipakai ini hanyalah bersifat sementara, yang artinya untuk memperbaiki stuck logo menurut cara saya sendiri dan TESTED oleh saya. Karena perlu kita ketahui bahwa banyak sekali rintangan yang kita hadapi ketika ingin flashing redminote 3 pro ini , error2 yang kita hadapi menghadang kita untuk bisa sukses flashing handphone ini. Cara2 yang sudah banyak disediakan oleh mbah google pun belum tentu bisa membantu kita sepenuhnya. Oleh karena itu disini saya hanya ingin membagikan info untuk melengkapi kekurangannya. Selanjutnya bila anda tidak cocok dengan rom ini, anda tinggal update via ota pada bagian pengaturan. Setidaknya sekarang handphone anda sudah normal. Semoga Sukses



FAQS :


Q : Apakah untuk xiaomi redmi note 3 pro versi mtk ini musti menggunakan Win x64 , dan boleh tidak flashing menggunakan pc dengan win x32?

A : Sejauh ini berhasilnya admin flash hp ini menggunakan x64bit , jadi untuk yang x32 bit admin belum pernah coba, tapi jika tidak ada kendala sewaktu flashing , why not try it? yang penting langkah-langkah yang di ikutin benar.


Q : Sewaktu diflash koq selalu muncul "SD RAM FAILED" ya??

A : Simple,  Jawabannya adalah khusus untuk xiaomi ini, coba anda jangan ikutkan file preloader tercentang sewaktu diflash & kemudian coba ulangin lagi dari awal



Q : Bagaimana jika sewaktu saya memasukan firmwarenya secara tidak sengaja file preloader tercentang sedangkan proses flash sudah berjalan?

A : Kebanyakan hasilnya matot 



Q : Terus bagaimana kalau kondisi xiaomi saya jadi matot ? apakah masih ada cara untuk memulihkannya?

A : Asal mau berusaha, pasti bisa dihidupkan kembali.



Q : Saya udah pening nih, udah menggunakan segala jurus tetap aja tidak nyala, apakah musti ganti IC EMMC ?


A : Sejauh anda tidak salah memasukan type firmware, maka tidak mungkin terjadi kerusakan di EMMC, Pengalaman admin , malah salah masukan file preloader secara berulang-ulang toh hp tetap normal , yang terpenting mau coba dan coba terus sambil berdoa, maka miracle will come true..^^




Q :  Trus bagaimana caranya supaya saya bisa menghidupkannya kembali?

A :  Ikutin petunjuknya dibawah ya....





UNBRICK XIAOMI REDMI NOTE 3 PRO MTK 

Berhubung admin juga manusia, pastinya juga admin tidak luput dari kesalahan. Kesalahan inilah yang terjadi sewaktu ane perlakukan xiaomi redmi note 3 versi mtk terlalu kasar, jadinya ngambek dan ga mau nyala. Hehe...

Ngambeknya redmi note 3 pro ini karena ane flashing dengan mengikutkan file preloader nya. Memang,, beberapa kasus ada yang tidak matot jika file preloader ikut diflash...tapi kali ini ane dapet reno 3 yang lumayan sensitif. Karena beda versi mesin, berbeda pula versi preloader. Bagi yang pengen flashing nih hp, ane sarankan backup dulu file preloadernya jika punya toolsnya guna berjaga-jaga, tp jika tidak mahir..cukup ikut tutor saya yg diatas dengan baik dan benar. Okay, setelah pusing tujuh keliling akhir nya ane bertemu juga solusinya tuk bangkitkan nih hp. Solusinya simple aja guys, yaitu ane coba flashing secara berulang-ulang dengan versi firmware yang berbeda-beda. Untuk versi yang lainnya anda bisa unduh dibawah ini.


Stable Rom ;






Developer Rom ; 

- V5.12.31

- V5.12.10



Rahasianya adalah driver juga guys, pastikan drivernya yang terbaca seperti gambar dibawah ini pada device and printer. Kenapa? Alasanya karena untuk memastikan flashing bisa berjalan dengan sempurna. Jika driver tidak terinstall dengan benar, alhasil flashing tidak akan berjalan. Jadi pastikan anda sudah install driver yang sudah ane sediakan diatas



Sebelum flashing pastikan USB Checksum tercentang pada bagian settingan flashtool seperti gambar dibawah ini 






Setelah semua sudah dipersiapkan, silahkan gunakan satu persatu firmware yang sudah anda download diatas dengan menggunakan langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas. Untuk menghidupkan kembali pastikan "Preloader" tidak perlu ikut tercentang. Kemudian pastikan battery masih terisi. Demikian tutorial ane, dan semoga yang ane bagikan bisa membantu dan menenangkan anda yang xiaominya terlanjur koiT..^^.GOOD LUCK








Share: