Tuesday, July 26, 2016

Cara Menonaktifkan Sensor Proximity Advan S5E






Tahukah anda bahwa beberapa dari smartphone android saat ini telah disematkan fitur proximity censor.
Apa itu proximity censor?
Proximity itu sendiri di fungsikan sebagai sebuah sensor dimana dimanfaatkan untuk menghemat battery ketika kita melakukan suatu panggilan.
Dengan mengaktifkan fitur ini jika setiap kali kita melakukan panggilan maka layar akan redup sementara panggilan sedang berlangsung dan akan kembali nyala jika panggilan sudah selesai.
Namun beberapa kasus, sering kita lihat khususnya yang masih awam terhadap fitur ini masih merasa tidak nyaman dan menggangap fitur ini tidak begitu berperan dan dipakai oleh semua orang. 

Beberapa orang mungkin akan berusaha untuk mencari bagaimana caranya untuk mematikan fitur proximity ini dan solusinya bisa di atur di bagian menu setting panggilan. Tapi apa yang terjadi jika beberapa handphone seperti handphone android china yang tidak disematkan fitur menu untuk dinonaktifkan pada "Call Setting " atau pada menu "Phone Setting" seperti pada handphone advan s5e? Sudah menggunakan aplikasi yang tersedia di google playstore masih tidak mempan dan tetap aja bandel ketika melakukan panggilan layar tetap redup. Perhatikan, yang perlu kita ketahui untuk jenis handphone ini adalah pada bagian hardwarenya. Teman-teman yang berani bisa mencoba membuka semua casing pada handphone hingga kelihatan mesinnya. Pastikan ada karet penutup pada sensor flexiblenya seperti gambar dibawah ini.



Jika karetnya hilang karena handphone tersebut mungkin ex bongkar , anda bisa coba menutup dengan lakban berbahan kertas pada bagian sensornya dan coba lakukan pemasangan ulang kesing dan mencoba lakukan panggilan.

Apabila masih gagal, jalan terakhirnya yaitu anda bisa membuang komponen atau mengganti komponennya yang baru seperti gambar dibawah ini.





Apabila komponen diatas sudah terbuang maka seharusnya anda bisa telepon dengan layar tetap nyala seperti gambar dibawah ini




Sekian trik dari saya dan semoga membantu…


Share: